Rabu, 30 Januari 2019

Hai Pemuda, Apakah Anda Siap Berkorban ?

Februari 17, 2016 


Minimnya pengorbanan remaja dalam menuntut ilmu salah satu penyebabnya karena mereka khawatir akan kehilangan kesenangan yang sedang mereka nikmati di masa mudanya.
Mereka juga kurang memahami dalam meraih kesuksesan itu membutuhkan pengorbanan, tanpa adanya pengorbanan kesuksesan yang diinginkan tidak akan terwujud. Seringkali Ketika ingin melakukan pengorbanan, hal yang dikhawatirkan akan kesulitan-kesulitan yang dihadapi, sesungguhnya kekhawatiran itu tidaklah perlu untuk terjadi.
Banyak remaja saat ini menempuh cara yang instan dalam menuntut ilmu, seperti menyontek saat ujian, menyalin tugas dan sebagainya. Mereka enggan dalam bersusah payah dalam menuntut ilmu, sehingga mereka melakukan cara tersebut.
Mereka kurang menyadari bahwa dibalik kesulitan dalam menuntut ilmu terdapat kemudahan-kemudahan yang akan menghantarkan mereka menuju kesuksesan.
Sebagaimana dalam firman Allah SWT Surat Al-Insyirah Ayat 5 dan 6 sebagai berikut;
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Artinya : "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."
Dalam ayat tersebut Allah menekankan janji-Nya akan kemudahan-kemudahan yang ditemui setelah kesulitan yang dialami, dan Allah maha benar akan segala janji-Nya.
Untuk mencapai keberhasilan bagi para penuntut ilmu hendaklah para pemuda selalu meningkatkan semangatnya, karena bagi yang menuntut ilmu dimasa muda selain akan mendapatkan kesuksesan didunia akan dapat juga keuntungan di akhirat.
Sebagaimana dalam suatu riwayat yang disampaikan oleh abu hurairoh r.a. pada suatu hari Rosulallah bersabda ada 7 Kelompok yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali nauangan-Nya; salah seorang sahabat bertanya siapa mereka ya Rosulallah, "apakah mereka dari golongan Nabi, apakah mereka dari golongan Syuhada, apakah mereka dari golongan walinya Allah", lalu Rosulallah menjawab "bukan" akan tetapi mereka yang menghabiskan masa muda mereka menyibukkan diri dengan ibadah kepada Allah.
Seorang yang dimasa mudanya menghabiskan waktu untuk menuntut ilmu termasuk salah satu bentuk ibadah kepada Allah
Disebutkan pula dalam hadits (Sahih Bukhari, Hadis no 620) Terdapat tujuh (7) golongan yang mendapat Naungan (perlindungan) Allah SWT di Hari Kiamat kelak. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, Rasulullah diantaranya bersabda:
قَالَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ، فِي ظِلِّهِ، يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ، اْلإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ،
“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah سبحانه وتعالى pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya[Q1]. (1) Pemimpin yang adil, (2) Seorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan ibadah kepada Allah, .......
Hadits tersebut dapat dilihat keutamaan dari pemuda yang semangat dalam menuntut ilmu, sehingga mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan pengorbanan-pengorbanan yang mereka lakukan.
HAI PEMUDA, APAKAH ANDA SUDAH SIAP BERKORBAN..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar