Rabu, 30 Januari 2019

3 Faktor Penentu Keberhasilan Pendidikan Anak

  Januari 13, 2016

3 (tiga) faktor ini sangat mewarnai corak dalam memberi dasar fondamen bagi anak – anak hingga perkembangan jasmani dan rohaninya :
1. Pendidikan Rumah Tangga
Awal pertama kali memberikan pondasi dasar /asas bagi anak, dari rumah tangga itulah, potret masa depan anak. Oleh sebab itu, ciptakan rumah tanggamu yang sakinah, mawadah dan warahmah, yakni surga seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW yang artinya : Baitii Jannati (rumahku adalah surgaku).
Segala sesuatu yang ada dalam rumahnya harus menjurus kepada pembentukan rohani jasmani si anak. gambar, hiasan, pot bunga, benda lainnya bahkan lagu – lagu dalam nyanyian apa – apa yang didengarnya harus merupakan alat untuk pendidikan pengajaran si anak.

2. Pendidikan Sekolah
Diharapkan para orang tua mencari pendidikan/sekolah dasar yang memadai untuk dapat mencerdaskan mereka dan belajar tanggung jawab serta memiliki akhlaqul karimah. Anak belajar beradaptasi dengan anak – anak yang lain, yakni di sekolah, di masyarakat, pendidikan sudah terbentuk warna kelak bagi si anak. Tentu saja diharapkan pendidikan yang bernafaskan agama.
Sejak usia dini, dasar, menengah sampai dengan sekolah/perguruan tinggi diharapkan sudah harus dalam pembentukan pribadi – pribadi sebagai harapan masa yang akan datang, bahkan sudah tergambar potret masa depannya kelak.

3. Pendidikan lingkungan
Lingkungan juga ikut mewarnai dalam pribadi anak oleh sebab itulah dalam membangun rumah tangga hendaklah mencari tempat – tempat/lahan – lahan dan lingkungan – lingkungan yang memadai yang bernuansa agama seperti adanya madrasah, surau dan masjid, syukur bila berdekatan dengan Majlis – majlis Ta’lim. Biasanya masyarakat sekitarnya pun cukup baik ikut mendukung berkembangnya pendidikan dan pengajaran yang baik dan pergaulannya pun harus terkontrol, terawasi, diharapkan membawa kearah yang positif yang membangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar